Berita
buruk adalah bagian yang tak dapat elakkan dari praktek medis. Sebagian besar
dari kita khawatir untuk berkomunikasi mengenai hal-hal sensitif seperti
menyampaikan berita buruk, yang terkadang bisa membuat sedih pasien dan
keluarga mereka. Berikut ada beberapa alasan mengapa sulit
untuk memberitahukan berita buruk.
-
Mungkin merasa
bertanggung jawab dan takut jika disalahkan
-
Tidak tahu
bagaimana cara terbaik untuk melakukannya
-
Kemungkinan
penghambatan karena tidak memiliki
pengalaman pribadi
-
Keengganan
untuk mengubah hubungan dokter-pasien
yang ada
-
Takut mengganggu peran
keluarga ada pasien atau struktur
-
Tidak tahu
kemampuan dan keterbatasan pasien
-
Takut implikasi bagi pasien, misalnya
cacat, sakit, sosial dan kerugian
keuangan
-
Takut terhadap reaksi emosional pasien
-
Ketidakpastian tentang apa yang mungkin terjadi selanjutnya
dan tidak memiliki jawaban atas beberapa
pertanyaan
-
Kurangnya kejelasan peran seoramg pelayan kesehatan
How to give the bad
news?
Ada
beberapa langkah praktis dan logis yang dapat diikuti saat menyampaiakan kabar
buruk kepada pasien. Meskipun ini
berfungsi sebagai pedoman, namun tidak
ada peraturan tegas untuk
selalu melakukan lamgkah-langkah tersebut, hal tersebut tergantung dari
tantangan medis yang ada. Hal tersebut tergantung dari penilain secara klinis
dan juga pengalaman pelayan kesehatan tersebut tentang
bagaimana berita buruk bisa
disampaikan secara efektif, dimana setiap kasus harus dilakukan secara
berbeda. Ada lima langkah utama :
1. Personal
preparation
2. The
physical setting
3. Talking
to the patient and responding to their concerns
4. Arranging
follow-up or referral
5. Feedback
and handover to professional colleagues
Proses memberikan berita buruk :
Periksa pemahaman pasien informasi
Mengidentifikasi masalah utama pasien
Mendatangkan
strategi penanggulangan pasien dan
sumber daya pribadi
dan memberikan harapan yang realistis
dan memberikan harapan yang realistis
Personal
preparation
Dibutuhkan waktu yang tepat untuk memberikan suatu
berita buruk secara benar dan disertai
menanamkan kepercayaan disertai dukungan dengan selalu
siap untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan. Untuk alasan tersebut , tidak tepat
rasanya jika menyampaikan kabar buruk di tengah-tengah sebuah klinik yang sinuk
dan ramai. Namun, sebelum melihat pasien terlebih dahulu Anda harus mengambil
beberapa saat untuk mempertimbangkan informasi apa yang diketahui dan apa yang
perlu ditangani. Adapun hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah sebagai
berikut:
-
Apakah pasien mengharapkan kabar buruk , atau aku '
masuk dingin' ?
-
Apakah harus ada orang lain hadir ( seperti perawat
atau kerabat) ?
-
Apa pasien sudah tahu tentang penyakit, atau apa yang
telah terjadi ?
-
Apa kemampuan pribadi yang pasien miliki?
-
Apakah saya mempunyai cukup waktu untuk menghabiskan
waktu dengan pasien ?
-
Apakah ada ' bagaimana jika . . . ' Pertanyaan dimana
saya harus mempersiapkan diri untuk menjawabnya ? ( misalnya, ' Bagaimana kalau
dia marah dengan saya ? ')
Jeda sesaat, berpikir jernih dan
dahulukan meminimalisir kesulitan sebelum melihat pasien. Dalam menyampaikan berita
buruk, banyak kesulitan timbul dikarenakan dari tidak bisanya pelayan kesehatan
berpikir secara jernih tentang apa yang akan dilakukan dan bagaimana cara
terbaik untuk mencapainya dan juga terkadang pelayan kesehatan tidak memiliki
jawaban yang cocok atas beberapa pertanyaan pasien.
The
physical setting
Pengaturan fisik yang ideal adalah
kamar pribadi yang cukup nyaman, bebas
dari gangguan, dan memiliki suasana yang tenang. Tentu saja, hal tersebut tidak selalu dapat terjadi. Namun, dalam beberapa pengaturan, disebutkan bahwa harus adanya upaya yang dilakukan untuk menjamin privasi dan kenyamanan pasien. Sebuah tirai harus ditarik di sekitar pasien di sebuah ksamar terbuka jika tidak mungkin untuk pindah ke kamar pribadi.
dari gangguan, dan memiliki suasana yang tenang. Tentu saja, hal tersebut tidak selalu dapat terjadi. Namun, dalam beberapa pengaturan, disebutkan bahwa harus adanya upaya yang dilakukan untuk menjamin privasi dan kenyamanan pasien. Sebuah tirai harus ditarik di sekitar pasien di sebuah ksamar terbuka jika tidak mungkin untuk pindah ke kamar pribadi.
Posisi fisik Anda jika dikaitankan
dengan pasien adalah penting. Jika pasien di tempat tidur, itu lebih sulit
untuk mempertahankan mata ditingkat yang sama. Beberapa dokter lebih memilih
untuk duduk di sisi tempat tidur, tetapi hal ini dapat membuat pasien merasa
tengganggu dan terlalu dekat bagi pasien. Duduk di sebuah kursi kantor di
samping tempat tidur adalah lebih baik dan nayaman. Yang lain lebih memilih
untuk mengadopsi defensif
posisi bersandar di dinding dekat dengan pasien, hal ini mengindikasikan postur santai dan komitmen untuk tetap di dalam ruangan. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan, yaitu :
posisi bersandar di dinding dekat dengan pasien, hal ini mengindikasikan postur santai dan komitmen untuk tetap di dalam ruangan. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan, yaitu :
-
Jangan memberikan kabar buruk pada akhir pemeriksaan
fisik sementara Pasien belum dalam keadaan siap.
-
Jangan memberikan berita buruk di koridor dan melalui
telepon (jika bisa hal ini
harus dihindari).
harus dihindari).
-
Jangan mondar-mandir di sekitar pasien, lalu melihat
keluar jendela atau melakukan hal yang dapat mengganggu pasien.
Terkadang kita bergantung pada alat
peraga dalam situasi sulit . Bila memungkinkan hindari meraba-raba melalui
catatan klinis ketika berbicara dengan pasien. Hal ini penting untuk
mempertahankan kontak mata. Lepaskanlah jaket Anda atau tutupi jas putih Anda,
jika Anda lebih suka, hal ini bisa menciptakan kedekatan yang lebih pribadi dan
juga suasana ramah serta menghindari situasi yang aneh. Selanjutnya lebih baik
lagi jika tidak memakai stetoskop di leher. Potensi sumber gangguan dari
telepon, televisi dan radio pun harus dihindari.
Talking to
the patient and responding to concerns
Apa pun yang Anda katakan kepada
pasien, adalah penting bagi Anda untuk melakukannya secara perlahan-lahan atau
setidaknya pada kecepatan yang dapat diterima oleh pasien. Percakapan biasanya
menjadi lebih formal dan serius ketika memberikan berita buruk. Membalas
pertanyaan dengan satu kata haruslah dihindari. Akan sangat luar biasa untuk
membalas dengan tegas, kepada saudara pasien dan berjalan pergi saat ditanyai
jika pasien telah selamat operasi. Sebaliknya, pelayan kesehatan bisa
mengatakan, "Seperti yang Anda ketahui, pamanmu sangat sehat sebelum
operasi. Kami melakukan hal terbaik yang kami bisa, tapi aku takut itu tidak
cukup. Dia tidak pernah sadar, dan saya minta maaf untuk memberitahu Anda bahwa
dia meninggal tak lama setelah operasi." Informasi yang kompleks seperti
itu harus disampaikan dengan rasa empati terhadap kebutuhan dan keprihatinan
terhadap pasien. Kegagalan untuk melaksanakan suatu hal dapat membuat pertemuan
itu tidak efektif, tidak membantu atau membuat pasien stress. Lalu dalam
menyampaikan berita buruk dibutuhkan :
a.
Empati
b.
Dimulai dengan apa yang pasien atau kerabatnya sudah
tahu atau pahami
c.
Mencari tahu apa yang pasien ingin tahu
d.
Aktif mendengarkan, memberikan informasi, umpan balik
dan menangani kepentingan sang pasien.
e.
Memunculkan kekuatan diri sang pasien.
f.
Menanamkan harapan yang realistis.
a.
Empati
Seharusnya tidak terlalu sulit untuk
berempati dengan seseorang yang telah mengalami kehilangan atau telah mendengar
kabar buruk, karena kebanyakan dari kita dapat dengan mudah mengidentifikasikan
seseorang yang sedang menghadapi atau mengalami kesulitan. Empati berarti mampu
menempatkan diri di tempat orang lain, terutama seseorang yang mungkin
tertekan. Mendengarkan dengan penuh perhatian kepada pasien dan berusaha untuk
memahami kesulitan mereka lebih lengkap adalah salah satu deskripsi empati. Anda
juga harus menjadi empatik dengan tidak memperkenalkan informasi baru terlalu
cepat dan tidak memaksakan pandangan dan membuat sebuah asumsi yang tidak
sesuai dengan keadaan.
b.
Mulailah dengan apa yang pasien sudah ketahui
Sebelum memberikan kabar buruk,
salah satu hal yang penting adalah mengetahui bagaimana kesan pasien tentang
penyakitnya. Hal ini akan langsung mempengaruhi bagaimana Anda nantinya
menyampaikan kabar. Seorang pasien yang terlalu optimis atau tidak, dan tampak
memahami implikasi serius dari penyakit perlu diperkenalkan kepada berita yang
lebih bertahap. Disana sejumlah pertanyaan yang bisa diajukan dalam rangka
untuk mencari tahu apa pasien sudah tahu tentang penyakitnya dan mungkin
mengharapkan suatu kesembuhan. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin memberikan
kesan mengetahui sangat sedikit tentang kondisi mereka meskipun telah melakuakn
konsultasi sebelumnya. Mereka mungkin banyak yang berharap bahwa informasi baru
telah datang untuk mengubah kabar sebelumnya atau mereka mungkin tidak ingin
mendengar berita buruk. Kedua hal ini menunjukkan penolakan keparahan penyakit
dan mungkin diperlukan pertemuan pertama untuk mengingatkan pasien dari
percakapan sebelumnya. Demikian pula, Anda harus memperhatikan dekat dengan
respon pasien terhadap pertanyaan, keadaan emosional dan intelektual, karena
ini secara langsung mempengaruhi apa yang mungkin perlu dijelaskan secara lebih
detail, dan cara terbaik yang bagaiman untuk menyampakan kabar buruk. Hal ini penting
untuk memeriksa pemahaman pasien tentang istilah tertentu.
c.
Cari tahu apa yang pasien ingin tahu
Setelah menetapkan apa yang pasien
sudah ketahui, Anda bisa mulai
memperbarui pengetahuan pasien dan pemahamannya. Namun, jika Anda mungkin tidak jelas tentang apa yang pasien ingin tahu dan pada tahap mana, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu dengan bertanya, 'Apa yang ingin kamu ketahui? Apakah ada sesuatu yang tidak kamu ingin dengar?' Pertanyaan-pertanyaan berikut bisa membantu untuk membuka percakapan tentang masalah penting ini :
memperbarui pengetahuan pasien dan pemahamannya. Namun, jika Anda mungkin tidak jelas tentang apa yang pasien ingin tahu dan pada tahap mana, Anda harus terlebih dahulu mencari tahu dengan bertanya, 'Apa yang ingin kamu ketahui? Apakah ada sesuatu yang tidak kamu ingin dengar?' Pertanyaan-pertanyaan berikut bisa membantu untuk membuka percakapan tentang masalah penting ini :
"Ini
membantu kami untuk mendengar dari Anda apa yang ingin Anda ketahui tentang kondisi
Anda. Apakah ada sesuatu yang tidak ingin Anda dengar?"
"Apa yang Anda ingin dengar dari hasil diagnosa?"
"Apakah Anda ingin tahu semua detail tentang diagnosis, tes dan perawatan,
atau apakah Anda hanya ingin mengetahui garis besar apa yang terjadi?"
"Anda mengatakan Anda hanya ingin diberitahu bila ada ' kabar baik '. Apa yang harus
kita lakukan jika kita punya kabar buruk?"
"Apa yang Anda ingin dengar dari hasil diagnosa?"
"Apakah Anda ingin tahu semua detail tentang diagnosis, tes dan perawatan,
atau apakah Anda hanya ingin mengetahui garis besar apa yang terjadi?"
"Anda mengatakan Anda hanya ingin diberitahu bila ada ' kabar baik '. Apa yang harus
kita lakukan jika kita punya kabar buruk?"
d.
Aktif mendengarkan, memberikan informasi, umpan balik
dan mengatasi kekhawatiran
Hal pertama yang harus dilakukan
adalah membangun hubungan dan kepercayaan. Mendengarkan secara aktif melibatkan
menanggapi pertanyaan dan kekhawatiran sementara pada saat yang sama memimpin
pembicaraan .
e.
Memunculkan kekuatan diri sang pasien dan menanamkan
harapan yang realistis
Disini Anda harus membicarakan
bagaimana pasien sebelumnya telah diatasi dengan cukup sulit. Ini membantu
membuat eksplisit sumber daya apa yang sebenarnya individu miliki dan dukungan
tambahan apa yang mungkin pasien perlukan.
Arranging
follow-up or referral
Setelah pasien sudah diberitahukan
kabar buruk, yang paling penting adalah waktu dimana beberapa saat setelah
pertemuan. Hal ini menggoda
untuk mengasumsikan bahwa pasien telah mengetahui dan mengerti apa yang mereka butuhkan. Meminta pasien untuk meringkas apa yang mereka ingat adalah cara
untuk memeriksa apa yang mereka telah ketahui selama ini. Jika Anda tidak memperbaiki kesalahpahaman sekarang, pasien mungkin hanya ingat aspek-aspek positif atau negatif
dari berita tersebut, yang keduanya dapat meningkatkan risiko depresi reaktif,
penolakan, kecemasan dan bahkan bunuh diri. Dalam beberapa kasus mungkin tepat untuk membuat rujukan lain profesional, seperti psikolog atau konselor, untuk spesialis bantuan dengan berita dukacita, kegelisahan dan depresi. .
untuk mengasumsikan bahwa pasien telah mengetahui dan mengerti apa yang mereka butuhkan. Meminta pasien untuk meringkas apa yang mereka ingat adalah cara
untuk memeriksa apa yang mereka telah ketahui selama ini. Jika Anda tidak memperbaiki kesalahpahaman sekarang, pasien mungkin hanya ingat aspek-aspek positif atau negatif
dari berita tersebut, yang keduanya dapat meningkatkan risiko depresi reaktif,
penolakan, kecemasan dan bahkan bunuh diri. Dalam beberapa kasus mungkin tepat untuk membuat rujukan lain profesional, seperti psikolog atau konselor, untuk spesialis bantuan dengan berita dukacita, kegelisahan dan depresi. .
Feedback
and handover to professional colleagues
Ini adalah praktik yang baik untuk
menginformasikan rekan-rekan pasien tentang pertemuan dengan pasien, meringkas
bagaimana keadaan pasien, apa yang pasien telah ketahui dan mengerti, dan
masalah apa yang mungkin terjadi atau reaksi apa yang diharapkan. Hal ini
membantu orang lain yang merawat pasien, untuk mengetahui apa yang harus
dikatakan tanpa membingungkan atau mengganggu pasien dengan informasi yang
berbeda tentang prognosis dan pengobatan. Diskusi dan konsultasi dengan kolega
juga dapat membuat tugas memberikan berita buruk lebih mudah dengan
meningkatkan profesional dukungan dan mengeksplorasi ide-ide.
KOMUNIKASI
PUBLIK
Komunkasi
publik merupakan salah satu landasan tempat dibangunnya peradaban. Komunikasi
adalah sebagai salah satu tat tertib yang tumbuh dari tradisi retoris kuno
Aristoteles dan Cicero hingga orator modern, seperti Martin Luther King dan
Bill Clinton. Sejak itupun, komunikasi publik menjadi sesuatu yang sangat
berperan dalam mempersatukan dan mengilhami masyarakat untuk bertindak.
Definisi Komunikasi Publik
Komunikasi publik adalah komunikasi
antara seeorang pembicara dengan khalayak umum, yang tidak bisa dikenali satu
persatu. Komunikasi publik meliputi pidato, tabligh, kuliah, ceramah, dan lain-lain.
Dalam komunikasi publik, satu orang ditunjuk sebagai pembicara dan yang lainnya
berperan sebagai pendengar. Namun dalam komunikasi publik pengiriman pesan
sangat tidak seimbang karena pembicaramemprakarsai sebagian besar peaan verbal,
meskipun hadirin sering mengirimkan pesan nonverbal (teppuk tangan, tertawa,
dll) mereka pada dasarnya tidak diharapkan untuk menyampaikan pesan verbal
kecuali dalam sesi tanya jawab dalam sebuah pidato.
Tiga Aspek Pengalaman Komunikasi Publik
Secara
garis besar terdapat tiga aspek pengalaman komunikasi publik (Hart et al., 1975, hlm. 23-24), yaitu :
·
Pertama, komunikasi publik cenderung
terjadi di tempat yang biasanya dianggap sebagai tempat publik. Seperti
auditorium, aula, kelas dan yang lainnya.
·
Kedua, pembicara publik lebih kepada
“kesempatan untuk mengemukakan masalah sosial yang sedang atau marak terjadi’
daripada mengemukakan masalah-masalah informal dan yang tidak terstruktur.
·
Ketiga, komunikasi publik melibatkan
suatu norma perilaku yang relatif jelas.
Sepuluh tuntutan unik dalam komunikasi
publik (Hart et al., 1975), yaitu :
1. Pesan harus relevan dengan kelompok
sebagai suatu keseluruhan, tidak hanya beberapa pihak atau
segelintir orang saja yang mengerti pesan yang disampaikan tapi harus secara
keseluruhan. Dalam komunikasi publik “kepentingan yang sama” harus terus
menerus diusahakan oleh pembicara.
2. Bahasa
“publik” lebih terbatas, yaitu kurang
luwes, menggunakan bahasa yang sudah dikenal secara umum dan mengandung
konotasi yang tidak begitu banyak, serta sedikit ungkapan pribadi.
3. Umpan balik lebih terbatas. Ditemukan
dalam beberapa kasus,umpan balik tersebut hanya terbatas pada respon nonverbal
yang terselubung.
4. Khalayak
yang dihadapi lebih beraneka-ragam. Dalam komunikasi publik, kita bisa saja
menghadapi suatu kesulitan dalam memasuki banyak “dunia perseptual” secara
serentak.
5. Seiring
dengan meningkatnya jumlah khalayak pendengar hal tersebut memperbesar kemungkinan kesalahan menafsirkan umpan
balik, karena banyaknya reaksi pendengar yang harus diamati.
6. Pembicara harus membuat persiapan
pidato yang lebih lengkap, karena hanya sedikit kesempatan
mendapat umpan balik langsung yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi
pembicaranya
7. Analisis khalayak pendengar lebih
sulit dan bahkan lebih tidak akurat kaena pembicara
berinteraksi degan banyak orang secara serentak.
8. Persoalan adaptasi
menjadi hal yang sangat penting karena sebuah pesan dari satun pembicara harus
sampai secara utuh untuk banyak orang yang berbeda-beda.
9. Terkadang
ada dimana situasi sangat tidak kondusif. Yaitu, sulitnya untuk memusatkan perhatian terhadap pesan atau pembicara
karena banyak situasi lain yang menarik hak publik.
10. Jumlah perubahan pesan
dalam komunikasi publik bisa lebih banyak karena pesan sampai kepada lebih
banyak orang dalam satuan waktu tertentu.
Tujuan Komunikasi Publik
Dalam
melakukan komunikasi di depan publik, biasanya seorang pembicara memiliki
sedikitnya satu dari tiga tjuan berikut, yaitu :
Ø Memberikan
informasi
Ø Menghibur
Ø Membujuk
atau meyakinkan pendengar
Jika tujuan pembicara adalah memberikan
informasi maka perhatian utama pembicara adalah hasil perolehan informasi.
Namun jika tujuan dari pembicara adalah menghibur, si pembicara akan
mengutamakan unsur menyenangkan dan hiburan dalam konteks materinya. Dan jika
tujuan pembicara adalah untuk membujuk, maka pembicara akan membuat pendengar
yakin, dan hasil yang diharapkan adalah
prngaruhnya pada sikap.
Pembicara, mengkin mencoba menetapkan suatu sikap yang tidak dimiliki
sebelumnya oleh pendengar atau memperkokoh sikap serta mengubah sikap. Namun,
pada kenyataanya menginformasikan, menghibur, dan meyakinkan bukanlah tujuan
yang saling terpisah. Ketiga hal tersebut beriringan satu sama lain.
Ada tiga unsur dalam komunikasi publik,
yaitu pembicara, pendengar atau khalayak dan juga pesan.
Daftar Pustaka
-
Llyod, Margareth. Tidak diketahui tahun.
Communication Skills for Medicine.
-
Buckman R. 1992. How to break bad news. Papermac,
London.
-
Tubbs, S., L. Tidak diketahui tahun.
Human Communication Konteks-Konteks Komunikasi. Jakarta:Rosda
-
Hasling, John. 1993. The Audience, The
Message, The Speaker Edisi ke-5. New York: McGraw-Hill
No comments:
Post a Comment