Friday, December 12, 2014

Aplikasi Rangkaian Clipper dan Clamper

Clipper dan Clamper secara luas digunakan dalam penerima analog televisi dan pemancar FM. Variabel gangguan frekuensi dapat dihilangkan dengan menggunakan metode klem pada penerima televisi, dan pemancar FM, puncak kebisingan terbatas pada nilai tertentu, di atas mana puncak yang berlebihan dapat dihilangkan dengan menggunakan metode kliping. Clippers dan clamper digunakan untuk mencetak bentuk gelombang ke bentuk yang diperlukan dan jarak yang ditentukan.

Aplikasi Rangkaian Clipper (pemotong)

Ada banyak aplikasi untuk dioda clipper. Mereka menemukan aplikasi yang luas dalam penggunaan televisi untuk memisahkan sinyal sinkronisasi dari sinyal gambar komposit dan juga dalam pemancar televisi pada saat memproses sinyal gambar. Clipper juga digunakan untuk pembangkit gelombang yang berbeda seperti trapesium, persegi atau persegi panjang gelombang. Seri clipper dipekerjakan sebagai pembatas kebisingan di pemancar FM dengan kliping puncak kebisingan yang berlebihan di atas tingkat tertentu.

Dioda clipper dapat digunakan untuk perlindungan dari berbagai jenis sirkuit. Sebagai contoh, sebuah sirkuit digital terhadap transien yang dapat menyebabkan kerusakan besar. Pengaturan ini ditunjukkan pada gambar di bawah ini.








Diode Clipper – Aplikasi

Clipper dapat digunakan dalam aplikasi:
  •  Mereka sering digunakan untuk pemisahan sinkronisasi sinyal dari sinyal gambar komposit.
  • Paku kebisingan yang berlebihan di atas tingkat tertentu dapat dibatasi atau dipotong dalam pemancar FM dengan menggunakan gunting seri.
  •  Untuk generasi gelombang baru atau membentuk gelombang yang ada, gunting digunakan.
  • Aplikasi khas dioda clipper adalah untuk melindungi transistor dari transien, sebagai dioda freewheeling terhubung secara paralel di seluruh beban induktif.
  • Sering digunakan setengah gelombang penyearah pada power supply kit adalah contoh khas clipper a. Ini klip positif atau negatif setengah gelombang input.
  • Clippers dapat digunakan sebagai pembatas tegangan dan penyeleksi amplitudo.


Aplikasi Rangkaian Clamper (Penggeser)
Rangkaian Clamper (penggeser) digunakan untuk menggeser suatu sinyal ke level dc yang lain. Untuk membuat rangkain Clamper minimal harus mempunyai sebuah kapasitor, dioda, dan resistor, disamping itu bisa pula ditambahkan sebuah baterai. Harga R dan C harus dipilih sedemikian rupa sehingga konstanta waktu RC cukup besar agar tidak terjadi pengosongan muatan yang cukup berarti saat dioda tidak menghantar. Dalam analisa ini dianggap didodanya adalah ideal. Sebuah rangkaian clamper sederhana (tanpa baterai) terdiri atas sebuah R, D, dan C.

Salah satu aplikasi dari rangkaian clamper adalah sebagai “DC restorer”  pada rangkaian penyusun video (video composite) baik itu di bagian pemancar televisi dan penerima televisi. Sinyal video NTSC (standar video di AS) menunjukkan warna putih dengan cara mentransmisikan daya minimum (12.5 %) dan menunjukkan warna hitam dengan mentransmisikan daya yang lebih tinggi yaitu 75%. Tetapi ada lagi level daya yang lebih tinggi yaitu untuk mentransmisikan sinyal sinkronisasi yang memiliki level daya sebesar 100%. Sinyal NTSC berisikan kode warna video dan pulsa sinkronisasinya. Permasalahannya adalah sinyal penyusun warnanya yang nilainya berubah-ubah. Sebagaimana kita ketahui, video adalah sekumpulan dari gambar. Dan tentu saja komposisi warna hitam-putih dari gambar satu dengan gambar lainnya pasti berbeda-beda dan ini juga menyebabkan level daya penyusun warnanya berubah-ubah pula. Karena pulsa sinkronisasi bercampur dengan sinyal penyusun warnanya, maka level daya pulsa sinkronisasinya juga ikut berubah apabila level daya penyusun warnanya berubah. Namun level daya pulsa sinkronisasi ini harus tetap bernilai 100% (tidak boleh naik atau turun). Disinilah fungsi dari rangkaian clamper yaitu untuk menjepit (clamping) pulsa sinkronisasi agar tegangannya tetap 100% setelah sinyalnya dimodulasi dengan transmitternya.

Clamper dapat digunakan dalam aplikasi:
  • Kompleks pemancar dan penerima sirkuit clamper televisi digunakan sebagai stabilizer garis dasar untuk menentukan bagian dari sinyal pencahayaan ke tingkat yang telah ditetapkan.
  • Clampers juga disebut sebagai restorasi arus searah karena mereka menjepit bentuk gelombang untuk potensi DC tetap.
  • Ini sering digunakan dalam peralatan uji, sonar dan radar sistem.
  • Untuk melindungi amplifier dari sinyal yang bersalah besar clampers digunakan.
  • Clampers dapat digunakan untuk menghilangkan distorsi.
  • Untuk meningkatkan waktu pemulihan overdrive clampers digunakan.
  • Clampers dapat digunakan sebagai doublers tegangan atau pengganda tegangan.



Referensi :

No comments:

Post a Comment