Sunday, January 25, 2015

Jenis Pendidikan Yang Tepat Bagi Penduduk Di Pulau Terpencil


Upaya pencerdasan penduduk pulau terpencil ini dilakukan dengan banyak cara dan metode. Pendidikan yang tepat bagi penduduk pulau terpencil tentunya bukanlah pendidikanformal yang mengikat bagi mereka. Pendidikan yang tepat bagi penduduk pulau terpenciladalah pendidikan yang fleksibel dengan tidak meninggalkan kekhasan dari kekayaankhazanah adat istiadat mereka, sehingga lebih tepat dikatakan sebagai pendidikan alternatif yang ranahnya bisa formal, informal ataupun nonformal. Metode yang diberikan juga metodeyang tidak menghilangkan kebiasaan positif mereka yang berasal dari akar rumput danadiluhung secara turun-temurun. Sentuhan yang diberikan dalam pendidikan alternatif yangdiberikan bagi masyarakat penduduk pulau terpencil adalah sentuhan yang tulus dan khaskarena keikhlasan dalam mendidik masyarakat pulau terpencil adalah hal utama yang harusdimiliki oleh para pendidik yang akan terjun ke sana.Selain mengirimkan tutor dan pendidik yang handal untuk mendidik penduduk pulauterpencil tentunya teknologi juga akan berperan besar dalam proses pemberdayaan pendidikan bagi penduduk pulau terpencil. Teknologi ini harus dijaga agar tidak merusak kemurnian budaya masyarakat pada komunitas tersebut. Berbagai jenis teknologi informasidan komunikasi yang tersedia dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dan mandiriterutama untuk daerah terpencil.Tujuan pembelajaran jarak jauh adalah meningkatkan akses pendidikan bagi merekayang kesulitan mengakses pendidikan model mainstream yaitu sekolah formal. Teknologi teleconference, email , televisi dan radio pendidikan, dan CD ROM adalah sarana yang tepat untuk mengatasinya. Pembelajaran jarak jauh ini kuncinya pada fleksibilitas penyampaian materi ajar.

Program-Program Pendidikan Yang Dapat Diberikan Bagi Penduduk PulauTerpencil
Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi penduduk pulau terpencil, berikut ini program-program yang dapat diberikan kepada mereka, yaitu antara lain :
1.      Program yang telah disusun Direktorat Pendidikan Masyarakat melalui:
a.       Keaksaraan Dasar
b.      Keaksaraan Keluarga
c.       Keaksaraan Usaha Mandiri
d.      Pendidikan Pemberdayaan Perempuan
e.       Pendidikan Keluarga Berwawasan Gender
f.       Pendidikan Kesetaraan
g.      Peningkatan Budaya Baca
h.      Program Pendidikan Luar Sekolah yang berhubungan dengan peningkatanmutu kehidupan, seperti:
a.       Pengembangan nilai-nilai etis, religi, estetis, sosial dan budaya
b.      Pengembangan wawasan dan cara berpikir
c.       Peningkatan kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungan
d.      Peningkatan dan pengembangan pengetahuan di dalam arti luas (sosial,ekonomi, politik, ilmu-ilmu kealaman, bahasa, sejarah, dansebagainya), serta.
e.       Apresiasi seni-budaya (sastra, lukis, tari, pahat, suara, tabuh, teater,dan sebagainya)

 Program Pendidikan Luar Sekolah yang berhubungan dengan ketrampilan untuk meningkatkan pendapatan, seperti : Pertanian (peternakan, perikanan, perkebunan, pertanian bahan makanan).Perindustrian, pertukangan, perdagangan, lapangan jasa, dan sebagainya.



No comments:

Post a Comment