Thursday, October 24, 2013



MASALAH PELESTARIAN LINGKUNGAN (Tugas Soft Skill) 

 

MASALAH KEMASAN PLASTIK TERKAIT DENGAN PELESTARIAN LINGKUNGAN  

 

         Lingkungan adalah kawasan hidup manusia, hewan dan tumbuhan yang mempengaruhi perkembangan kehidupan baik langsung maupun tidak langsung. Pelestarian lingkungan adalah upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditibulkan suatu kegiatan. serta menjaga kestabilan lingkungan untuk menjadi tepat hidup manusia, hewan dan tumbuhan. 
          Kali ini saya akan membahas masalah kemasan plastik yang terkait dengan pelestarian lingkungan. Apa saja dampaknya? atau Bagaimana solusiny? Monggo kita baca sama-sama yaaaaaa
           

  Pengemasan adalah suatu hal yang sangat penting dalam industri pangan dan minuman. Dalam industri pangan dan minuman, pengemasan berkaitan langsung dengan kamanan produk disamping pada aspek lainnya. Kemasan memiliki fungsi utama untuk melindungi produk dari kerusakan yang ditimbulkan oleh lingkungan. Selain untuk menjaga kualitas produk, kemasan juga berfungsi sebagai media informasi produk kepada konsumen. Dalam kemasan dapat dicantumkan segala macam informasi tentang produk seperti komposisi, kandungan nilai gizi dan standard mutu yang digunakan. Selain itu, kemasan juga memiliki nilai penting dalam bidang pemasaran. Karena itu, selain mempertimbangkan aspek keamanan produk juga harus diperhatikan aspek estetika pada konsumen yang berhubungan dengan kemasan produk. Lingkungan adalah kawasan hidup manusia, hewan dan tumbuhan yang mempengaruhi perkembangan kehidupan baik langsung maupun tidak langsung. Pelestarian lingkungan adalah upaya untuk melindungi kemampuan lingkungan hidup terhadap tekanan perubahan dan dampak negatif yang ditibulkan suatu kegiatan. serta menjaga kestabilan lingkungan untuk menjadi tepat hidup manusia, hewan dan tumbuhan. Kali ini saya akan membahas masalah kemasan plastik yang terkait dengan pelestarian lingkungan. Apa saja dampaknya? atau Bagaimana solusinya? Monggo kita baca sama-sama yaaaaaa

contoh gambar pengemasan

 Plastik adalah salah satu bahan pengemas yang paling populer, paling umum, dan paling banyak digunakan saat ini. bahan plastik secara bertahap mulai menggantikan gelas, kayu, logam dll. Hal ini disebabkan bahan plastik mempunyai beberapa keunggulan, yaitu: ringan, mudah dibentuk, anti karat, tahan terhadap bahan kimia, mempunya sifat isolasi listrik yang tinggi, dan tentu saja biaya proses yang lebih murah. Salah satu contoh kemasan plastik yang sering digunakan adalah kemasan botol. Popularitas botol plastik telah menggeser popularitas botol gelas karena lebih murah dan lebih ringan.
contoh gambar kemasan plastik (minuman)
contoh gambar kemasan plastik (makanan)



Selain memiliki keunggulan plastik juga memiliki kelemahan, dan kelemahan itu dapat mencemari kelestarian lingkungan. Karena plastik adalah salah satu bahan yang paling sukar terurai secara alami. Beberapa sumber menyatakan rata-rata plastik memerlukan waktu ratusan tahun untuk terurai secara alami. Sehingga masalah terbesar yang ditimbulkan dari kemasan plastik adalah masalah sampah. Sampah plastik menjadi salah satu polutan yang sangat mengancam kelestarian lingkungan.



 Berikut beberapa permasalahan utama plastik yang terkait dengan kelestarian lingkungan di kutip dari www.coolcitibag.com adalah :

  1. Tas plastik dibuat dari sumber daya alam yang langka yaitu minyak dan menciptakan polusi mulai dari pembuatan sampai pembuangannya. 120 juta barel minyak mentah , sumber alam yang tidak dapat diperbaharui, diperlukan untk produksi satu trilion kantong plastik setiap tahun diseluruh dunia.
  2. Plastik menimbulkan masalah sampah di jalan-jalan , sungai dan saluran air, pantai dan lingkungan kelautan. 47% sampah yang terbawa angin dari tempat pembuangan akhir, sebagian besar adalah kantong plastik.
  3. Kantong plastik dianggap sebagai produk yang dapat dibuang dan tidak hancur ditempat pembuangan. Diperlukan 1.000 tahun bagi plastik untuk terurai dan hancur.
  4. Hanya 0,6% s/d 1% kantong plastik yang dapat didaur ulang diseluruh dunia, sisanya tetap mengendap ditanah.
  5. Sampah plastik yang dibuang sembarangan menyumbat saluran air dan menyebabkan banjir.
  6. Sampah tas plastik yang dibuang ke saluran air mengakibat kan genangan air yang menjadi sarang pembiakan nyamuk penyebab penyakit demam berdarah. 
Sampai saat ini, belum ada solusi yang benar-benar efektif dan efisien untuk menyelesaikan masalah polusi akibat sampah plastik. Menghindari penggunaan plastik tentu saja merupakan hal yang cukup sulit. Oleh sebab itu, kita hanya dituntut untuk mengurangi penggunaan plastik. Jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, sebaiknya kita menghindari penggunaan plastik, sebaiknya kita menggunakan bahan logam atau bahan gelas untuk mewadahi makanan atau minuman yang kita konsumsi. Sekarang ini sudah berkembang pesat bahan-bahan daur ulang dan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang dapat kita pakai. Tujuan dari bahan-bahan tersebut juga untuk meminimalisir pencemaran terhadap lingkungan melalui bahan-bahan plastik walau pun harga agak mahal sedikit tetapi tidak merusak lingkungan kita......

GO GREEN!! 
GREEN SAVE OUR ENERGY!!
visit: www.gunadarma.ac.id 
visit: www.studentsite.gunadarma.ac.id


No comments:

Post a Comment